BERITA

Sampah Bekas Kebakaran Menumpuk di Lokasi, Wabup Ambil Langkah Cepat

Rabu, 14 Juni 2023   zen sumbawa   99  

 

Juni 3, 2023olehzensumbawa

 

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (3 Juni 2023) – Kebakaran di Dusun Musuk, Desa Tangkampulit, Kecamatan Batu Lanteh, 29 Mei 2023 lalu, bukan hanya menyisakan duka yang mendalam bagi korbannya yang kehilangan 24 rumah plus satu rumah dinas, tapi juga meninggalkan sampah yang menumpuk.

Sampah ini berasal dari puing-puing bangunan yang ditumpuk hasil dari gotong royong TNI, Polri, Tagana, BPBD dan masyarakat. Sudah beberapa hari ini sampah itu tidak dapat diangkut secara maksimal karena minimnya armada yang tersedia.

Untuk mengangkut sampah tersebut tidak bisa menggunakan armada biasa, harus kendaraan double gardan. Mengingat sulitnya medan untuk mencapai lokasi, akibat jalan yang rusak dan terjal.

Kades Tangkampulit, Surya Riskillah A.Md.Kep menyampaikan keluhan itu langsung kepada Wakil Bupati Sumbawa yang datang bersama rombongan menyambangi sekaligus menyerahkan bantuan kepada para korban, Jumat (2/6/23) sore.

Menurut Kades, sampah tersebut harus secepatnya diangkut atau dibuang untuk sterilisasi lokasi. Memang diakui sebelumnya sempat diangkut menggunakan truk, namun tidak maksimal. Truk yang ada mengalami kerusakan akibat jalan yang rusak.

Pihaknya sempat berkoordinasi dengan Balai Jalan Provinsi di Kabupaten Sumbawa mengingat banyaknya armada truk yang mengangkut material untuk pengerjaan jalan Batu Dulang-Tepal. Meski disanggupi namun sampai sekarang belum ada droping armada ke lokasi kebakaran.

Untuk mencari truk pengangkut sampah secara mandiri, membutuhkan biaya yang sangat besar. Lantaran jaraknya yang cukup jauh dan medannya yang cukup sulit.

Mendengar keluhan itu, Wakil Bupati Sumbawa, Hj. Dewi Noviany S.Pd., M.Pd, menyatakan segera menanganinya. Untuk cepatnya, Wabup yang akrab disapa Hj. Novi ini meminta Kades mencari armada pengangkut sampah dan biayanya ditanggung sepenuhnya oleh Pemda. “Silakan cari armada pengangkut, biar Pemda yang membiayai,” ujar Hj. Novi.

Menurut Wabup, semua permasalahan yang menimpa warga Musuk terutama korban kebakaran akan mendapat perhatian dari Pemda Sumbawa. Untuk sementara kebutuhan primer korban bencana sudah tertangani dan terpenuhi dengan baik. Pihaknya akan menggelar rapat koordinasi untuk memikirkan pembangunan rumah warga yang terbakar. “Senin kita rapatkan, agar segera kita tangani,” pungkasnya.

Untuk diketahui Wabup menyambangi korban bencana didampingi sejumlah Kepala OPD. Di antaranya Kalak BPBD, Muhammad Nurhidayat, Kadis Sosial diwakili Kabid Linjamsos Syarifah S.Sos M.Si, Kadis Kominfotik Drs. Hasanuddin, Kadis Peternakan, H. Junaidi, S.Pt, Kadis P2KBP3A, Jannatulfalah S.AP, Kadis Pertanian, Ir. Ni Wayan Rusmawati, M.Si, dan Kasat Pol PP Abdul Haris S.Sos. Ikut juga bersama rombongan, Kasdim 1607 Sumbawa, Mayor Dahlan. (SR)

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Dinas Sosial Sumbawa Daftarkan 2.467 Fakir Miskin dalam Program BPJS Ketenakerjaan

    Dinas Sosial Sumbawa Daftarkan 2.467 Fakir Miskin dalam Program BPJS Ketenakerjaan

    Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa Bantu Rujuk Bayi Penderita Hydrocephalus

    Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa Bantu Rujuk Bayi Penderita Hydrocephalus

    Kemsos RI salurkan bantuan Attensi Tahun 2023

    Kemsos RI salurkan bantuan Attensi Tahun 2023