BERITA

Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa Bantu Rujuk Bayi Penderita Hydrocephalus

Jumat, 28 Juli 2023   zen sumbawa   92  

Juli 27, 2023olehzensumbawa

 

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (27 Juli 2023) – Dinas Sosial  Kabupaten Sumbawa membantu merujuk Ardiansyah Putra–bayi berusia 7 bulan penderita hydrocephalus ke RSUP Mataram, Rabu (26 Juli 2023). Pemberangkatan bayi asal Dusun Batu Alang, Desa Leseng Kecamatan Moyo Hulu ini dilakukan melalui bantuan Bidang Rehabilitasi Sosial (Rehsos).

Kadis Sosial Kabupaten Sumbawa yang dihubungi melalui Kabid Linjamsos, Syarifah S.Sos., M.Si, menyebutkan, persoalan ini diketahui berdasarkan hasil assesment oleh TKSK Moyohulu menindaklanjuti laporan Kades Leseng, Tajuddin, belum lama ini. “Assesmen dilakukan bersama Pemerintah Desa, pendamping PKH dan Bidan Des,” ungkapnya.

Dari assesement itu, kata Ibu Ipok—sapaan akrab pejabat ini, bahwa saat lahir sampai umur 5 bulan kondisi anak kedua pasangan Ruslan dan Mayasari ini masih normal. Memasuki usia 6 bulan, bayi ini mengalami panas dan kejang-kejang. Bahkan kondisi kepala mulai berubah dan kian membesar.

Pihak keluarga pernah melakukan scanning ke dokter dan hasilnya ternyataada cairan di kepala atau mengidap penyakit Hydrocephalus. Selain itu kedua parunya ada bercak infiltrak sehingga dadanya semakin naik.

Pihak keluarga pernah dua kali membawa bayi ini ke RSUD Sumbawa untuk mendapat penanganan medis secara intensif. Namun tidak ada perubahan sehingga disarankan untuk dirujuk ke RS Provinsi di Mataram. Karena keadaaan ekonomi kurang mampu, akhirnya pulang dan dirawat di rumah.

Harapan pihak keluarga agar pemerintah melalui Dinas Sosial Kabupaten bisa merujuk bayi itu ke rumah sakit provinsi di Mataram melalui Sentra Paramita. “Alhamdulillaah keinginan keluarga sudah kami fasilitasi. Semoga di sana dapat ditangani dengan baik,” pungkasnya. (SR)

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Dinas Sosial Sumbawa Daftarkan 2.467 Fakir Miskin dalam Program BPJS Ketenakerjaan

    Dinas Sosial Sumbawa Daftarkan 2.467 Fakir Miskin dalam Program BPJS Ketenakerjaan

    Kemsos RI salurkan bantuan Attensi Tahun 2023

    Kemsos RI salurkan bantuan Attensi Tahun 2023

    Pelayanan PIP dan BPJS PBI JK Di Disos Sumbawa Meningkat

    Pelayanan PIP dan BPJS PBI JK Di Disos Sumbawa Meningkat