BERITA

Penebangan Liar, 17 Rumah Hanyut di Moyo Hulu, Satu Jembatan Putus

Rabu, 05 April 2023   zen sumbawa   44  

 

April 4, 2023olehzensumbawa

 

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (4 April 2023)–Sebanyak 17 rumah hanyut akibat banjir bandang yang menerjang 6 desa di Kecamatan Moyo Hulu Kabupaten Sumbawa. Belasan rumah hanyut ini tersebar di Desa Lito 5 rumah, Desa Batu Tering 5 rumah, Desa Semamung 2 rumah, Desa Berang Rea 3 rumah, dan Desa Sebasang 2 rumah.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sumbawa, Muhammad Nurhidayat, ST, Selasa (4/4) malam melaporkan, selain 17 rumah hanyut, jembatan penghubung Desa Lito-Desa Lantung jebol di bagian ujung selatan sehingga menyebabkan putusnya akses jalan serta tiang penyanggah.

Jembatan mengalami penurunan akibat tergerus air. Karena itu perlu dilakukan upaya penanganan segera karena merupakan akses jembatan satu-satunya. Banjir juga merendam 50 hektar areal persawahan di Dusun Bage Loka.

Kemudian ada juga 8 unit rumah di Desa Batu Tering yang sebagiannya amblas diterjang banjir dan satu pabrik penggilingan hanyut. Sebuah mobil Jimny dan dump truk di Desa Sebasang diseret arus, serta beberapa ruas jalan setempat terkikis.

Dayat—akrab pejabat ini disapa, menyebutkan, penyebab banjir bandang ini karena terbentuknya awan Cumulonimbus sehingga mengakibatkan tingginya intensitas hujan di wilayah kecamatan tersebut.

Selain itu banyak lahan tandus akibat penebangan liar sehingga mengurangi intensitas penyerapan air tanah. Tak hanya itu tidak maksimalnya bangunan infrastruktur pengaman tebing di wilayah terdampak, serta tingginya sedimentasi Daerah Aliran Sungai (DAS) setempat. Upaya yang telah dilakukan, ungkap Dayat, di antaranya melakukan koordinasi dengan desa/kecamatan terdampak, memantau perkembangan kejadian bencana, melakukan pelaporan dan penyebaran informasi, serta monitoring dan assesment. (SR)
  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Dinas Sosial Sumbawa Daftarkan 2.467 Fakir Miskin dalam Program BPJS Ketenakerjaan

    Dinas Sosial Sumbawa Daftarkan 2.467 Fakir Miskin dalam Program BPJS Ketenakerjaan

    Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa Bantu Rujuk Bayi Penderita Hydrocephalus

    Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa Bantu Rujuk Bayi Penderita Hydrocephalus

    Kemsos RI salurkan bantuan Attensi Tahun 2023

    Kemsos RI salurkan bantuan Attensi Tahun 2023